Mengenal Lebih Banyak Tentang Generator Cadangan

Generator listrik – juga disebut sebagai “generator” – adalah mesin yang menyediakan listrik selama gangguan listrik atau bahkan di tempat di mana tidak ada saluran listrik yang tersedia. Mesin pembangkit tenaga ini mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Mesin generator – yang ditenagai oleh berbagai jenis bahan bakar – mengubah energi mekanik melalui proses yang disebut sebagai “induksi elektromagnetik” dan mengubahnya menjadi listrik.

 

Bagi Anda yang sedang mencari genset tepat yang sesuai dengan kebutuhan, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor terlebih dahulu sebelum membeli. Generator yang tersedia di pasaran saat ini hadir dalam berbagai fitur dan kualitas. Pada dasarnya, ada dua jenis generator yang tersedia saat ini; tipe portabel dan generator tipe siaga. Generator tipe siaga adalah sistem yang menyediakan “daya cadangan” selama listrik mati dan dipasang di luar bangunan atau rumah yang dialiri listrik. Unit terhubung ke sistem kelistrikan pendirian atau rumah. Jika terjadi gangguan daya, unit secara otomatis aktif setelah beberapa detik. Sistemnya dirancang untuk mendeteksi gangguan pada catu daya dan menyala sendiri secara otomatis setelah beberapa detik.

 

Jenis generator lain yang tersedia saat ini adalah jenis generator portabel. Jenis genset ini banyak digunakan di lokasi yang tidak memiliki suplai listrik permanen. Ini biasanya ditemukan di tempat perkemahan, lokasi konstruksi, dll. Jenis generator ini dirancang untuk menyalakan sistem penerangan, mengoperasikan peralatan seperti televisi, sistem pemanas dan pendingin, dan pompa. Jenis sistem ini digunakan di lokasi di mana konsumsi daya rendah. Kebanyakan generator portabel ditenagai oleh bensin dan solar. Generator portabel bertenaga bensin jauh lebih murah daripada jenis generator portabel lainnya.

 

Generator dioperasikan oleh mesin seperti halnya mobil. Oleh karena itu diperlukan perawatan preventif agar dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Pemeliharaan unit generator terutama didasarkan pada pemeriksaan tiga faktor; sebelum unit dioperasikan, selama unit generator beroperasi dan setelah unit beroperasi.

 

Sewa Genset Pekanbaru-Direkomendasikan unit genset harus dilakukan pengecekan perawatan minimal sebulan sekali. Juga sebagian besar pabrikan menyarankan agar genset dihidupkan setidaknya sebulan sekali meskipun tidak ada gangguan daya (ini untuk genset bertenaga bensin), karena bensin akan menjadi tidak stabil jika tidak digunakan selama lebih dari lima bulan.

 

Penting bagi Anda untuk terlebih dahulu melakukan sedikit riset terlebih dahulu kemudian berkonsultasi dengan dealer terdekat di sekitar Anda untuk mendapatkan unit genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda.