Home Uncategorized Ingin Lemari Kayu Anda Aman Dari Rayap? Ini Dia Cara Perlindunganya

Ingin Lemari Kayu Anda Aman Dari Rayap? Ini Dia Cara Perlindunganya

7
0

Hewan kecil yang bernama rayap, selalu identik dengan kayu. Hal ini tak lain karena memang rayap memakan selulosa yang dikandung oleh bahan berkayu. Salah satu benda berkayu yang seringkali menjadi sasaran mangsa rayap adalah lemari kayu. Lemari sendiri menjadi kebutuhan pokok dalam rumah yang perannya cukup penting, yakni untuk menyimpan beragam perbendaharaan benda yang ada di rumah. Entah itu pakaian, alat-alat dapur, alat makan, dan perkakas lainnya. Nah, jika rayap sampai memangsa lemari kayu dalam rumah anda, tentunya hal ini akan membuat lemari kayu anda jadi rusak dan akhirnya tidak dapat digunakan lagi.

Kerugian pun akan anda dapatkan akibat ulah rayap ini. Untuk itu, membiarkan lemari kayu tidak terawat, adalah keputusan yang salah besar. Apalagi jika anda jarang sekali membersihkan lemari kayu anda. Tentu rayap akan semakin suka bertempat di lemari anda dan membuat sarang koloninya di sana. Jangan sampai sampai hal ini terjadi. Segera dapatkan solusi pengendalian terbaik dari jasa anti rayap Depok. Jasa ini juga sudah tersedia di beberapa kota besar yang ada di sekitar anda. Dengan mengandalkan jasa anti rayap ini, semua perkakas anda termasuk lemari akan diberikan layanan penyemprotan obat rayap secara menyeluruh.

Namun, sebelum anda memanggil jasa anti rayap, ada baiknya anda tahu terlebih dulu bagaimana sih cara yang tepat untuk menjaga lemari kayu dari gangguan rayap. Berikut ini beberapa trik mudah untuk menghindarkan lemari kayu anda dari serangan hama rayap.

  • Selalu bersihkan lemari

Rayap memang merupakan serangga pengganggu. Tidak heran jika rayap sangat menyukai tipe lemari kayu yang dalam keadaan kotor. Membersihkan kayu hendaknya bisa anda lakukan baik dari luar bagian lemari, hingga bagian terdalam lemari. Disudut-sudut lemari juga perlu anda bersihkan dengan baik. Bahkan bila perlu, anda bisa mengusapnya dengan cairan pembersih. Sehingga hasil lemari yang bersih bisa anda dapatkan.

  • Berikan cat anti jamur lemari

Tidak hanya dinding dan bagian berkayu lain yang perlu diberikan lapisan cat anti jamur. Lemari kayu anda juga bila perlu harus dilapisi dengan cat anti jamur. Dengan begitu lapisan lemari bisa lebih terlindungi dan tidak menampakkan aroma selulosa yang mengundang rayap.

  • Taburkan obat anti rayap di sekitar lemari

Salah satu obat anti rayap sederhana yang bisa anda taburkan di sekitar area lemari adalah larutan garam atau gumpalan garam. Mengapa garam? Garam disinyalir dapat menyerap kelembaban yang ada di sekitarnya. Keberadaan rayap juga bisa terkikis akibat adanya zat panas dalam garam. Karenanya, taburan garam adalah bahan yang tepat untuk membuat ramuan obat anti rayap.

  • Atur tata letak lemari

Tata letak lemari ini ternyata juga sangat penting untuk anda perhatikan. Usahakan untuk memberi jarak antara dinding rumah dengan lemari kayu. Selain itu, hindari meletakkan lemari pada area yang berdekatan dengan taman dan dalam kondisi suhu yang tidak dingin. Sebaliknya, mungkin anda bisa meletakkan lemari kayu pada suhu kamar yang dingin alias ber-AC. Rayap memiliki tubuh kecil yang dominan tidak tahan terhadap suhu ekstrem. Karenanya, cara ini kemungkinan akan berhasil mengendalikan pertumbuhan rayap.

Beberapa cara praktis di atas bisa anda pertimbangkan dengan baik agar kemari kayu anda tetao awet dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya, dalam kurun waktu yang cukup lama. Apapun obat rayap yang akan anda gunakan, tetaplah jaga kebersihan dan kelembapan kondisi area lemari kayu anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here