6 Penyebab Mesin Honda Brio Cepat Panas dan Solusi Mengatasinya

Penyebab Mesin Honda Brio Cepat Panas dan Solusi Mengatasinya

Mesin mobil panas adalah salah satu gejala yang umum sekali ditemukan dalam sebuah masalah kerusakan pada mesin mobil baik dalam porsi ringan sampai dengan berat.

Overheating ini sendiri disebabkan oleh banyak faktor sebenarnya, dari yang sederhana tidak pernah mememeriksan kondisi oli seperti jarang ganti oli mesin sampai dengan permasalah elektrikal lainya yang wajib anda ketahui sejak awal.

Pada mobil brio misalkan kondisi panasnya mesin ini akan menjadi momok yang menakutkan, anda pasti akan terbayang dengan nilai perbaikan yang mahal, kemudian bagaian apa yang harus anda cek lebih dulu sampai dengan dampak paling serius adalah turun mesin yang tentu saja biayanya tidaklah murah.

Ketika anda sudah merasakan mesin mobil panas ketika mengemudi biasa nya akan ada tanda kenaikan suhu yang melonjak melampaui batas normal bisa anda cek pada bagian lampu engine ketika anda menyetir.

Langkah pertama yang harus anda tempuh adalah berhenti, jangan lanjutkan perjalanan anda, karena kalau di paksa lanjut dan mesin tetap hidup dalam kondisi overheating ini dampak terburuk adalah akan terjadi kebakaran pada bagian mesin dan mobil anda bisa rusak secara permanen dan membahayakan nyawa anda juga.

Baiklah, kita akan coba bahas sedikit masalah mesin panas pada honda brio pada kebanyakan kasus, dimana ini juga berlaku secara umum pada jenis mobi lainya.

  1. Penyebab yang pertama bisa datang dari radiator mobil anda

Ini bisa anda cek dengan mandiri, kondisi radiator ini kebanyakan yang mengalami kerusakan adalah pada bagian selangnya bisa bocor atau tersumbat.

Ketiak selang radiaotor bocor, maka proses pendinginan mesin tidak bekerja dengan sempurna, mesin tetap hidup namun tidak ada cairan coolant yang tersalur ke bagian mesin sehingga akan cepat sekali panas.

Solusinya anda cek kondisi radiaotor mobil anda secara berkala, kalau sudah tidak layak pakai maka ganti dengan yang baru.

Yang harus anda perhatikan pada bagian ini juga adalah selalu lakukan kontrol penuh terhadap debit air radiator, apakah masih ada atau sudah kosong, kemudian jangan lupa kuras tabungnya dan cek filternya juga apakah masih bagus atau ada banyak kotoran yang akan membuat tersumbat.

  1. Perhatikan Kondisi Tutup Radiator

Mungkin anda sering pergi ke bengkel ganti oli, maka tentu saja sebenarnya moment ini bisa anda manfaatkan dengan baik hanya untuk melakukan cek pada bagian yang satu ini yakni radiator karena sangat penting sekali anda jaga tetap bekerja dengan baik demi kesehatan mesin mobil anda.

Sama halnya dengan mengecek bagaimana kondisi akhir tutup radiator mobil anda yang sekarang. Idealnya tutup pada bagian komponen ini terbuat dari bahan dasar karet karena uapan air radiator yang selalau tersedia maka tidak bisa tutupnya mengeras dan sebaliknya ketiak kosong maka akan panas dan mengeras inilah tanda kerusakan awal pada bagian tutup radiator.

  1. Radiator Mobil Tersumbat

Biasanya jika anda melakukan perjalanan jauh, kemudian masuk ke genangan air tanpa anda sadari banyak sekali kotoran yang mungkin masuk juga pada bagian kap mesin.

Karena letak radiator paling terdepan maka akan rentan paling cepat terkena imbasnya. Kemudian nanti bisa masuk ke dalam tabung dan membuat filternya mampet.

  1. Kondisi Selang Radiator

Masalah pada bagian selang ini umumnya retak, kalau tidak pecah. Anda bisa lakukan pengecekan dengan cara masukan coolant, kemudian tunggu beberapa saat jika semuanya ludes tidak tersisa maka kami sarankan cek kondisi selang radiatornya bisa saja sudah bocor.

Kebocoran selang ini akan membuat fungsi coolant tidak bekerja sama sekali, dan tentu saja akan membuat mesin mobil brio kalian panas dengan cepat.

  1. Water Pump Bocor

Yang terakhir pada bagian ini kalian bisa lakukan pengecekan dari bawah mobil kalian, pada lubang angin bagian bawah biasanya kalau water pump bermasalah ditandai dengan keluaranya air terus menerus.

Kemudian jangan lupa juga periksa pada bagian V-beltnya apakah masih lengkap atau sudah putus. Selain itu jangan lupa kontrol kondisi oli mobil kalian apakah sudah waktunya ganti oli atau masih bagus.

  1. Lakukan tune-up mobil secara berkala

Anda bisa saja menempuh jalan pintas ketika tidak ingin ribet memeriksa sendiri dalam proses tune up ini semua komponen dari mekanikal dan elektrikal akan dicek dengan alat yang canggih.

Jadi ketika anda khawatir mengenai masalah cooling sistem yang bocor dan panas akan mudah sekali di deteksi sejak awal. Namun terkadang pada kebanyakan kasus penanganan honda brio sendiri anda bisa lakukan cara manual karena bisa jadi masa tune up sendiri masih lama.